Temukan Jadi Diri Diera Teknologi Digital Informasi

Era media digital informasi dan komunikasi menjadikan banyak orang beralih dari media analog ke media digital. Saat ini media digital informasi dan komunikasi banyak digunakan orang. Media tersebut mudah membuat, mudah menyimpan, mudah memodifikasi, mudah menyebarkan atau membagikan informasi-informasi kepada banyak orang.

Berani keluar dari zona nyaman. Pada saat kita membaca (media cetak/non cetak atau media berbasis teknologi informasi komunikasi), mendengar, melihat atau pada saat kita menyaksikan suatu kejadian yang terjadi di sekeliling kita dari yang kita alami, dan rasakan, itu semua merupakan sumber informasi yang dapat kita bagikan kepada orang lain.

Hanya dengan alat sebesar genggaman tangan berupa ponsel pintar, kita dapat melakukan pembuatan informasi dan menyebarkannya. Pembuatan informasi itu dapat menggunakan unsur media yang meliputi teks, grafik/fotografi, animasi, audio visual atau mengintegrasikan semua unsur media (blog). Di manapun dan kapan pun kita berada, selama dalam jangkauan teknologi kita dapat melakukan itu semua dan membagikan kepada banyak orang.

Dengan cara tersebut kita sudah memiliki peran aktif sebagai jurnalis warga (Citizen Jounalism), yaitu: proses pengumpulan, pelaporan, analisis dan penyebaran berita serta informasi yang kita miliki. Dan tulisan yang Anda ungkapkan adalah keberanian Anda keluar dari zona nyaman.

Jadilah sumber informasi yang akurat, bijaklah dalam membuat, memodifikasi, menerima dan menyebarkan informasi. Ayo kita ngeblog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.