Dunia Datar

Sejak sekolah SD, kita diajarkan bahwa dunia itu berbentuk seperti bola, tidak datar seperti sebuah lapangan. Lain halnya dengan teorinya Thomas L. Friedman, dunia datar. Dunia datar? Menurutnya, ada 10 kekuatan pendatar dunia, 6 diantaranya berhubungan dengan teknologi informasi, yaitu: www, Opens sourcing (linux, wikipedia, blogging), Sofware Revolution (people collaboration), Outsoucing dan Steroid (PDA, mobile apps). Dalam buku The World Is Flat Thomas L. Fiedman menyebutkan bahwa pengguna internet dunia menembus angka 1 miliar, di Indonesia menduduki peringkat 13 dunia, dengan jumlah pengguna internet mencapai 18 juta orang (Internetworldstatis.com).

Menurut Friedman, bahwa ada fenomena menarik di mana perubahan yang tejadi di dunia ini sejak era 1990, bukan lagi dilakukan olah negara (Globalisasi versi 1) atau perusahan (globalisasi versi 2), melainkan dilakukan oleh individu atau komunitas kecil (globalisasi versi 3).

Apa yang Thomas Friedman maksudkan ketika dia mengatakan “Dunia itu Datar”

Thomas Friedman describes the global platform he believes has “flattened” the world. Friedman’s remarks come at a United Way of Greater New Haven conference including Friedman’s book “The World is Flat.”

Kreatifitas tanpa batas
Friedman mengatakan tokoh utama globalisasi versi 3 adalah individu yang dengan menggunakan alat pendatar dunia, seseorang atau kelompok kecil bisa melakukan perubahan.

Alat pendatar dunia

Pendapat Friedman, diamini oleh majalah Times  yang pada penghujung tahun 2006 seperti biasa mempublikasikan  ‘Time Person of the Year”, yang anehnya pada tahun 2006 majalahnya diberi cermin kecil di mana kita disuruh berkaca. Lho? ya, benar, 2006 ” Time Person of The Year” adalah YOU! (Anda). Ya, Anda yang mau melakukan knowledge sharing di Internet, mengisi dunia maya dengan konten-konten yang bermanfaat untuk orang lain.

Yang mendatarkan dunia sehingga dunia menjadi global menurut Friedman antara lain:  www, Opens sourcing (linux, wikipedia, blogging), Sofware Revolution (people collaboration), Outsourcing dan Steroid (PDA, mobile apps) dan tidak terkecuali keterlibatan individu dan kelompok kecil. Oleh individu dan kelompok kecil yang saling berbagi informasi dan pengetahuan kepada orang lain.

Tiga era globalisasi dari bukunya “The World is Flat.”

Thomas Friedman, speaking at a United Way of Greater New Haven event on 10/6/06, discusses the three eras of globalization from his book “The World is Flat.”

Dengan alat pendatar, orang dengan mudah membuat, memodifikasi, menyebarkan pesan, dan mencari informasi. Anda belum yakin?

Gunakan ponsel atau komputer yang terintegrasi dengan jaringan internet dan gunakan mesin pencari. Masukkan kata kuncinya, maka Anda akan mendapatkan ribuan informasi dalam waktu tidak lebih satu menit.

Dengan cara ini, kini Anda mendatkan ribuan informasi. Informasi-informasi tersebut adalah kontribusi dari berbagai kelompok maupun individu dari berbagai negara maupun berbagai benua di dunia ini.

Informasi unik, dari sekian banyak informasi yang Anda terima semua unik.  Semua memberikan kontribusi berupa ide dan gagasan dalam kehidupan. Yang belum ada adalah ide dan gagasan Anda.

Sumber bacaan:
Romi, Dapat Apa Sih dari Universitas, penerbit ZIP BOOKS. Jl. Padaringan No. 39A KPAD Gegerkalong – Bandung 40153
Romi, http://romisatriawahono.net/2007/02/12/the-world-is-flat-10-kekuatan-yang-mendatarkan-dunia/
Romi, http://romisatriawahono.net/2007/02/08/the-world-is-flat-globalisasi-versi-baru/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.